Keindahan Alam yang Terdapat di Banten

 

Tahukah kalian kalau Provinsi Banten memiliki ratusan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari wisata pantai, wisata seni budaya, hingga wisata rohani.Selain wisata budaya dan wisata alam, Banten juga banyak memiliki tempat wisata pantai. Mungkin selama ini hanya anyer dan carita saja yang di kenal, namuan sebenarnya banyak pantai-pantai di Banten yang masih sangat indah dan alami, umumnya pantai-pantai di Banten Selatan.

Berikut  ini adalah pantai-pantai yang ada di Banten :

  • Pantai Anyer

Pantai Anyer adalah pantai yang terletak di kabupaten Serang. Pantai anyer memiliki pasir putihnya yang membentang menghiasi seluruh pesisir pantai.

Pantai anyer bisa menjadi tempat wisata yang aman, nyaman tenang, dengan panorama alam pantai yang indah. Sangat cocok untuk beraktivitas renang, dengan pantainya yang landai dan ombak yang tenang akan menjajikan kebahagian liburan yang fantastis.

di Pantai Anyer sudah terdapat banyak Hotel bahkan berbintang, banyak penginapan yang murah di anyer, serta restaurant dan fasilitas rekreasi pantai lainnya seperti : Jet ski, banana boat, dermaga marina, dll. Dengan lokasi yang tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 60 kilometer dari kota serang atau 2,5 Jam dari Jakarta melalui tol Jakarta Merak, akan memudahkan pengunjung mencapai lokasi pantai.

  • Pantai Bagedur

Pantai Bagedur terletak di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak. Daya tarik dari pantai bagedur ini adalah pasir putih tanpa karang yang luas dengan panjang 15 kilo meter dan pantainya yang landai. Sehingga sangat asyik untuk dikunjungi bersama keluarga dikala weekend.

Di pesisir pantai yang luas bisa digunakan untuk melakukan aktifitas bermain bersama keluarga dan teman. Seperti bermain volly, bola atau yang sejenisnya. Pantainya yang landai dan tanpa karang membuat pantai bagedur ini sangat asyik berenang, tapi hati-hati karena ombaknya cukup besar khas pantai selatan.

  • Pantai Carita

Pantai Carita merupakan pantai di pesisir barat di Kabupaten Pandeglang. Pantai carita yang telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam ini memiliki ombak laut yang kecil dan lembut menyapu di sepanjang pantai. Dari pantai carita juga pemandangan Gunung Krakatau.

Di Pantai Carita terdapat banyak fasilitas seperti jetsky, banana boat, diving dan snorkeling. Tentu saja sudah terdapat banyak penginapan di carita, baik hotel di carita yang sudah dikelola profesinal maupun penginapan yang masih murah.

Waktu tempuh dari Jakart kurang lebih 3 jam perjalanan dari Jakarta. Satu jalur dengan pantai anyer.

  • Pantai Sawarna

Sawarna sebenarnya merupakan sebuah desa wisata. Terlatak di Kecamatan Bayah Banten, Sawarna dijuliki sebagai The Hidden Paradise karena letaknya yang tersebunyi dan masih sangat alami.

Sawarna memiliki beberapa pantai seperti pantai ciantir, pantai tanjung layar, pantai legoon pari. pantai pulo manuk dan pantai karang taraje. Pantai-pantai tersebut masih sangat alami dan masih sangat indah.

Fasilitas di sawarna belum banyak tersedia. di Desa Wisata Sawarna tidak tersedia hanya homestay-homestay dan vila-vila saja.

  • Pantai Cihara Lebak

Pantai Pasir Putih  ini berada di Kampung Sukahujan, Desa Ciparahu, Kecamatan Cihara. Pantainya yang gampang diakses yaitu terletak di jalan Bayah Malingping, hanya berjarak 10 KM dari Malingping.

Pantai Pasput ini menarik untuk di kunjungi bersama keluarga. Dipantai ini terdapat sebuah cekungan yang berbentuk setengah lingkaran yang menjadi lokasi favorit untuk berenang. Pantai Pasput ini juga sangat indah dan sangat asik menikmati sunset bersama keluarga.

Untuk ke pantai pasir putih ini dari Jakarta  bisa lewat Rangkasbitung ataupun Serang. Untuk rutenya sama seperti rute menuju Sawarna tapi hanya sampe di Jalan Malingping – Bayah. Jarak dari Pasput ini masih sekitar 1 jam ke Sawarna.

  • Pantai Karangsongsong Cibobos

Pantai Cibobos atau Pantai Karang Songsong ini dengan luas 3 ha terlatak Desa Cibobos di Kecamaatan Panggarangan, Kabupaten Lebak  -Banten. Menariknya pantai Cibobos Banten ini termasuk kedalam RPH Cibobos dengan luas 3 Ha hutan tanaman (jati, mahoni dan lain-lain). Pantai Cibobos merupakan pantai karang yang juga terdapat pasir putihnya.

Di Pantai Karang Songsong ini ada loket karcis untuk masuknya, terdapat juga MCK dan tempat sampah. Pantai ini juga masih sangat alami dan indah, Cocok bagi sobat yang hobi photografi untuk berburu foto laut lepas.

  • Pantai Karang Bolong

Secara administratif, Pantai Karang Bolong masuk dalam wilayah Desa Karang Bolong, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Selain panorama khas pantai, pantai Karang Bolong memiliki daya tarik pada batu karang besar berbentuk setengah lingkaran yang bagian tengahnya berlubang. Selain itu, terdapat juga batu karang-batu karang kecil yang berada di sepanjang pantainya.

Oleh karena itu, mengintip laut biru dengan riak ombak yang susul-menyusul dari balik batu karang yang berlubang merupakan tujuan utama wisatawan mengunjungi pantai ini. Batu karang besar tersebut juga dijadikan wisatawan sebagai latar untuk berfoto. Sedangkan duduk di atas batu karang-batu karang kecil adalah salah satu cara wisatawan menikmati kawasan pantai ini.

  • Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Dinamakan Pantai Tanjung Lesung karena lokasinya berupa daratan yang menjorok ke laut mirip ujung lesung, yaitu salah satu alat yang digunakan masyarakat tradisional Nusantara untuk menumbuk padi.

Posisi pantainya yang tidak menghadap langsung ke samudera lepas membuat tiupan angin dan deburan ombak kawasan ini tidak terlalu besar, sehingga wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang, berperahu, bermain jetski, dan snorkling. Memancing merupakan aktivitas menarik lainnya, karena kawasan ini merupakan rumah bagi banyak ikan.

Bila bosan berada di pantai, wisatawan dapat mengunjungi desa wisata yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pengrajin patung badak bercula satu (fauna khas Banten) dan minuman dari daun sirih, atau melihat-lihat kehidupan nelayan di Kampung Cipanon.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: