Pengaruh Variabel – Variabel Makro Terhadap Perekonomian Suatu Negara

Sebelum saya menjelaskan secara detail “Pengaruh Variabel-variabel Makro Terhadap Perekonomian Suatu Negara” terlebih dahulu akan saya jelaskan pengertian dan hal-hal yang menyangkut dari ekonomi makro itu sendiri . Ekonomi makro atau makro-ekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makro-ekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyakarakat, perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Secara ringkas, ruang lingkup yang dipelajari dalam ilmu ekonomi makro meliputi:
a.    Penghitungan pendapatan nasional
b.    Keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian dua sektor
c.    Keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian tiga sektor
d.    Kebijakan fiskal dan sistem perpajakan
e.    Uang, bank dan penciptaan uang
f.    Kebijakan moneter dan uang yang beredar
g.    Pasar uang dan pasar tenaga kerja
h.    Teori inflasi
i.    Perdagangan luar negeri, nilai valuta asing dan neraca pembayaran
j.    Perdagangan luar negeri dan tingkat keseimbangan pendapatan nasional
k.    Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi

Didalam ekonomi makro terdapat variable-variabel yang dapat mempengaruhi perekonomian suatu Negara, seperti ;

  • Investasi

Investasi adalah kemampuan menambah atau menciptakan nilai hidup (penghasilan dan kekayaan). Investasi bukan hanya dalam bentuk fisik, melainkan juga nonfisik, terutana peningkatan kualitas sumber daya manusia.

  • Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional adalah jumlah yang diterima oleh seluruh rumah tangga (RTK) disuatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun

  • Ekspor & Impor

Ekspor adalah kegiatan perseorangan atau badan hukum yangmenjual barang keluar negri

Impor adalah kegiatan perseorangan atau badan hukum yang membeli barang dari luar negeri untuk dijual kembali didalam luar negeri.

  • Pengeluaran Pemerintah

Pengeluaran pemerintah adalah anggaran dana yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk keperluan negara ataupun daerah. Adapun APBN dibedakan menjadi dua yaitu pengeluaran untuk belanja dan pengeluaran untuk pembiayaan.

Variabel-variabel diatas juga dipengaruhi oleh berbagai factor yang akan saya terangkan sebagai berikut;

  • Investasi

a.       Tingkat pengembalian yang diharapkan

         Kondisi internal perusahaan : faktor-faktor yang berada dibawah kontrol perusahaan, seperti tingkat efisiensi, kualitas SDM dan teknologi

          Kondisi eksternal perusahaan : yang perlu diperhatikan dalam pengambilan keputusan akan investasi utama adalah perkiraan tentang tingkat produksi dan pertumbuhan ekonomi domestik maupun internasional

b.       Biaya investasi

Hal yang paling menentukan adalah tingkat bunga pinjaman. Makin tinggi tingkat bunga maka biaya investasi makin mahal. Akibatnya minat akan investasi makin menurun.

c.       Marginal efficiency of capital ( MEC )

MEC adalah pengembalian yang diharapkan dari setiap tambahan barang modal

  • Pendapatan Nasional

1.       Permintaan agregat dan penawaran agregat

Permintaan agregat menunjukkan hubungan antara keseluruhan permintaan terhadap barang-barang dan jasa sesuai dengan harga. Sedangkan penawaran agregat menunjukkan hubungan antara keseluruhan penawaran barang-barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan dengan tingkat harga tertentu.

2.       Konsumsi dan tabungan

Antara konsumsi dan tabungan serta pendapatan sangat erat hubungannya. Hal ini dapat kita lihat dari pendapat keynes yang dikenal dengan “phsycological consumption” yang membahas tentang tingkah laku masyarakat dalam konsumsi jika dihubungkan dengan pendapatan.

3.       Investasi

Pengeluaran untuk investasi merupakan salah satu komponen penting dari pengeluaran agregat.

  • Ekspor & Impor
  1. Kebijakan pemerintah dibidang perdagangan luar negeri
  2. Keadaan pasar luar negeri
  3. Kemampuan eksportir memanfaatkan peluang pasar
  • Pengeluaran Pemerintah

Faktor yang mempengaruhi pengeluaran pemerintah adalah jumlah penduduk. Pertumbuhan pengeluaran rutin secara signifikan dipengaruhi oleh investasi swasta, jumlah penduduk dna pertumbuhan ekonomi. Sedangkan faktor yang signifikan mempengaruhi pertumbuhan pengeluaran pembangunan juga jumlah penduduk. Jumlah penduduk merupakan faktor yang paling besar mempengaruhi pengeluaran pemerintah terutama terhadap pengeluaran pembangunan. Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi disatu sisi akan mengurangi pengeluaran rutin dan pada sisi lain akan meningkatkan pertumbuhan pengeluaran pembangunan pemerintah.

     Peranan variabel makro terhadap perekonomian disuatu Negara ;

  • Investasi

Ketika suatu negara bisa mengadakan suatu proyek investasi yang bisa menghasilkan pendapatan maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat lalu perlu diketahui bahwa bila adanya kenaikan tingkat suku bunga busa mengakibatkan turunnya investasi dan menurunnya GDP RIIL yang ada

  • Pendapatan Nasional

Ekonomi berarti memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan warga negara. Pertumbuhan ekonom berarti pertumbuhan barang dan jasa atau produsen disuatu negara. Ketika pendapatan nasional tumbuh lebih tinggi (dengan asumsi bahwa tingkat inflasi tidak meningkat) tabungan masyarakat bisa lebih tinggi. Demikian juga kemudian meningkat investasi. Dan kemudian dengan bertumbuhnya pendapatan nasional maka permintaan akan barang dan jasa meningkat sesuai dengan konsumsi masyarakat. Untuk memenuhi tingginya permintaan dipasar, maka mereka berinvestasi untuk memproduksi barang dan jasa.

  • Pengeluaran Pemerintah

Pemerintah mempunyai peranan penting dalam perekonomian untuk kesejahteraan rakyat. Pengeluaran pemerintah terus berkembang sejalan dengan tahap perkembangan ekonomi suatu negara. Pada tahap awal perkembangan ekonomi diperlukan pengeluaran negara yang besar untuk investasi pemerintah. Utamanya untuk infrastruktur seperti sarana jalan, kesehatan, pendidikan dll.

  • Ekspor-impor

Ekspor-impor merupakan faktor penting dalam merangsang pertumbuhan ekonomi, melihat SDA yang kita miliki sangat melimpah. Investasi dalam berbagai bentuknya memberikan banyak pengaruh kepada perekonomian karena terciptanya investasi akan membawa pada kegiatan ekonomi tertentu. Untuk meningktakan ekspor-impor maka pemerintah dan masyarakat harus menaruh perhatian penuh pada potensi-potensi daerah untuk kemajuan ekspor dan barang-barang komoditi ekspor maupun impor. Sehingga pertumbuhan ekonomi dapat ditunjang oleh sektor ekspor-impor yang signifikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: