Andai Aku Menjadi Menteri Perekonomian

Semua orang pasti mempunyai keinginan untuk menjadi sukses termasuk saya. Tidak ada salahnya kita berandai-andai seperti itu , lagi pula juga tidak ada undang-undang yang melarang kita untuk bermimpi.Saya juga mempunyai mimpi dikemudian hari ingin menjadi menteri ekonomi Indonesia. Mungkin bagi kebanyakan orang mimpi saya tersebut pasti hanya dianggap lelucon atau guyonan. Manusia boleh bermimpi tapi Tuhan lah yang berkehendak, tidak ada salah nya kita jadikan mimpi kita tersebut sebagai dorongan agar dikemudian hari dengan usaha & doa yang kita lakukan secara sungguh-sungguh mimpi kita menjadi kenyataan. Karena tidak ada yang tak mungkin didunia ini jika kita benar-benar berusaha . Sebelum saya bermimpi terlalu jauh menjadi menteri ekonomi ada baiknya kita semua mengetahui terlebih dahulu permasalahan ekonomi apa saja yang sering dihadapi oleh Negara kita.

Siapa sih yang tidak tahu bahwa negara kita, Indonesia ini adalah termasuk negara yang kaya? Terutama kaya akan sumber daya alam yang tidak dimiliki oleh negara lain. Tapi sayangnya pemanfaatan sumber daya alam Indonesia belum maksimal. Parahnya lagi adalah orang asing yang berhasil mengeruk kekayaan alam kita. Itu baru satu contoh permasalahan ekonomi Indonesia yang muncul kepermukaan. Tidak hanya itu, masih ada beberapa permasalahan lagi yang membuat ekonomi di Indonesia agak lambat untuk berkembang, seperti, ;

     1. Tingginya Jumlah Pengangguran
Dari tahun ke tahun, masalah jumlah pengangguran di Indonesia kian bertambah. Belum ada solusi yang jitu untuk mengatasi tingginya angka pengangguran sampai saat ini. Pengadaan lapangan kerja saja dirasa tidak cukup untuk menekan angka pengangguran di negara kita.

    2. Tingginya Biaya Produksi 
Sudah menjadi rahasia umum di dunia industri di negara kita ini bahwa selain biaya produksi cukup tinggi belum lagi ditambah dengan biaya-biaya yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Namun karena faktor keamanan di negara kita masih sangat minim dan ketidakmampuan pemerintah untuk mendukung dan melindungi sektor industri, akibatnya terdapat banyak pungutan-pungutan liar yang bahkan akhir-akhir ini dilakukan dengan terang-terangan.

Hal ini yang juga akhirnya menjadikan biaya produksi semakin meningkat. Parahnya lagi, belum ada solusi pasti untuk masalah  ini. Bahkan beberapa industri yang dinilai cukup bagus akhirnya bangkrut dan lebih memilih untuk beralih menjadi importir yang hanya cukup menyediakan gudang dan beberapa pekerja saja dibanding dengan mendirikan sebuah industri baru. Ini harus menjadi perhatian khusus pemerintah untuk mengatasi masalah ini dan masalah ekonomi di indonesia lainnya.

     3. Keputusan Pemerintah Yang Kurang Tepat
Kita semua tahu bahwa beberapa tahun belakangan ini sangat marak sekali peredaran barang-barang dari China di negara kita, bukan? Nah, penyebabnya adalah keputusan pemerintah dalam hal regulasi ekonomi yang dirasa kurang tepat jika dilihat dari kondisi perekomomian Indonesia.
 Akhirnya terjadilah seperti yang kita rasakan sekarang ini. Produk lokal nyaris kalah dengan produk yang berasal dari China.

    4. Bahan Kebutuhan Pokok Masih Langka 
Langkanya bahan kebutuhan pokok adalah salah satu masalah serius yang menimpa kondisi ekonomi indonesia. Masalah ini akan sangat terasa sekali di saat menjelang perayaan hari-hari besar seperti hari raya idul fitri, natal, dan hari-hari besar lainnya. Meskipun pemerintah terkadang melakukan razia pasar untuk terjun langsung melihat penyebab langkanya bahan kebutuhan pokok, namun tindakan ini dirasa masih jauh dari menyelesaikan masalah langkanya kebutuhan pokok itu sendiri.

   5. Kemiskinan

Kemiskinan menciptakan generasi yang lemah dengan tingkat produktivitas rendah. Tingginya angka kemiskinan merupakan beban bagi pemerintah juga akan mengganggu pembangunan ekonomi.

 Dan apabila disuatu hari saya benar-benar menjadi menteri perekonomian di Indonesia. Saya berjanji akan memperbaiki keadaan ekonomi di Indonesia untuk kearah yang lebih baik dari yang sekarang. Sebenarnya masalah ekonomi yang kita hadapi tidak akan ada habisnya tetapi kita bisa bisa mengurangi masalah tersebut apabila kita semua pelaku ekonomi ikut berpatisipasi dalam memperbaiki perekonomian di Indonesia. Upaya-upaya yang akan saya lakukan sebagai menteri ekonomi untuk mengatasi permasalahan ekonomi di Indonesia yaitu ;

  • Menciptakan produk-produk dalam negri dengan kualitas yang tidak kalah bagus dengan produk luar negri
  • Memperbanyak lapangan pekerjaan
  • Mempromosikan kepada semua warga Indonesia untuk lebih mencintai & menghargai produk luar negri
  • Mengurangi impor & memperbanyak ekspor
  • Memperbanyak tempat pelatihan keterampilan untuk SDM dalam negri
  • Membangun sebuah lembaga peminjam modal bagi masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya
  • Memaksimal Sumber Daya Alam yang ada
  • Lebih sering melakukan operasi sembako untuk mencegah kecurangan yang merugikan rakyat kecil

Dan masih banyak lagi upaya – upaya yang saya akan lakukan untuk memperbaiki perekonomian di Indonesia. Memang semua itu butuh waktu yang tidak sebentar , semua butuh prosesnya masing-masing tidak semudah kita membalikan telapak tangan. Semoga dengan upaya- upaya tersebut Indonesia menjadi lebih baik kedepannya khususnya di bidang perekonomian. Inilah saatnya untuk  kita dapat bangkit dari keterpurukan  ekonomi yang telah merajalela sejak lama & marilah kita buktikan kepada dunia bahwa produk yang kita hasilkan tidak kalah bagus kualitasnya dengan produk mereka . Dan semoga juga produk kita banyak diterima di negara lain . 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: