Tugas 5

Masalah Kemiskinan & Upaya Pemerintah untuk Mengatasi Kemiskinan

Sebelum saya menjelaskan mengenai upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi kemiskinan, terlebih dahulu  saya akan menjelaskan defenisi dan hal-hal yang berkaitan dari kemiskinan itu sendiri .

Kemiskinan

         Kemiskinan merupakan permasalahan sosial yang hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Secara umum masyarakat miskin adalah suatu kondisi masyarakat yang berada  dalam situasi kerentanan, ketidak-berdayaan, keterisolasian, dan  ketidakmampuan untuk menyampaikan aspirasi pada suatu kesempatan. Situasi tersebut menyebabkan mereka tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan minimal hidupannya secara layak. Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya kemiskinan dapat dikategorikan dalam dua hal berikut ini :

1.    Faktor Internal

Yaitu berupa kekurangmampuan dalam hal :

a.       Fisik misalnya cacat, kurang gizi, sakit-sakitan.

b.      Intelektual misalnya kurangnya pengetahuan, kebodohan, kekurangtahuan informasi.

c.       Mental emosional misalnya malas, mudah menyerah, putus asa temperamental.

d.      Spritual misalnya tidak jujur, penipu, serakah, tidak disiplin.

e.       Sosial psikologis misalnya kurang motivasi, kurang percaya diri, depresi/ stres, kurang relasi,  kurang mampu mencari dukungan.

f.       Ketrampilan misalnya tidak mempunyai keahlian yang sesuai dengan permintaan lapangan kerja.

g.      Asset misalnya tidak memiliki stok kekayaan dalam bentuk tanah, rumah, tabungan, kendaraan dan modal kerja.

2.     Faktor Eksternal

Yang menyebabkan terjadinya kemiskinan antara lain

a.       Terbatasnya pelayanan sosial dasar.

b.       Terbatasnya lapangan pekerjaan formal dan kurang terlindunginya usaha-usaha sektor  informal.

c.       Belum terciptanya sistim ekonomi kerakyatan dengan prioritas sektor riil masyarakat banyak.

d.      Budaya yang kurang mendukung kemajuan dan kesejahteraan.

e.        Kondisi geografis yang sulit, tandus, terpencil atau daerah bencana.

f.        Pembangunan yang lebih berorientasi fisik material.

g.      Pembangunan ekonomi antar daerah yang belum merata.

h.        Kebijakan publik yang belum berpihak kepada penduduk miskin.

Masalah kemiskinan dianggap sebagai salah satu hal yang menghambat proses pembangunan sebuah Negara. Salah satu Negara yang masih dibelit oleh masalah social ini salah satunya adalah Indonesia. Angka kemiskinan ditingkat masyarakat masih cukup tinggi. Meskipun oleh lembaga statistic Negara selalu dinyatakan bahwa setiap tahun angka kemiskinan cenderung menurun. Untuk mengatasi masalah kemiskinan pemerintah memiliki peran yang besar. Namun dalam kenyataannya, progam yang dijalankan oleh pemerintah belum mampu menyentuh pokok yang menimbulkan masalah kemiskinan ini.

Ada beberapa progam pemerintah yang sudah dijalankan dan dimaksudkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah kemiskinan ini. Seperti diantaranya progam Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang merupakan kompensasi yang diberikan usai penghapusan subsidi minyak tanah dan progam konversi bahan bakar gas. Selain itu ada juga pelaksanaan bantuan dibidang kesehatan yaitu Jaminan Kesehatan Masyarakat atau Jamkesnas. Namun hal kedua tersebut tidak memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan angka kemiskinan. Bahkan beberapa pakar kebijakan Negara menganggap bahwa hal tersebut sudah seharusnya dilakukan pemerintah.

Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Masalah Kemiskinan

Untuk itu kiranya pemerintah perlu membuat ketegasan dan kebijakan yang lebih membumi dalam rangka menyelesaikan masalah kemiskinan ini. Beberapa upaya pemerintah yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

  1. Menciptakan lapangan kerja yang mampu menyerap banyak tenaga kerja sehingga mengurangi angka pengangguran di Indonesia . Karena pengangguran adalah salah satu sumber penyebab kemiskinan terbesar di Indonesia.
  2. Memberikan subsidi pada kebutuhan pokok manusia, sehingga setiap masyarakat bisa menikmati makanan yang berkualitas. Hal ini akan berdampak pada angka kesehatan masyarakat.
  3. Menghapus korupsi. Sebab, korupsi adalah salah satu penyebab layanan masyarakat tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal inilah yang kemudian menjadikan masyarakat tidak bisa menikmati hak mereka sebagai warga Negara sebagaimana mestinya.
  4. Menggalakkan progam zakat. Di Indonesia, Islam adalah agama mayoritas. Dan dalam ajaran islam zakat diperkenalkan sebagai media untuk menumbuhkan pemerataan kesejahteraan di antara masyarakat dan mengurangi kesenjangan kaya-miskin. Potensi zakat di Indonesia ditengarai mencapai angka 1 triliun setiap tahunnya. Dan jika bisa dikelolah dengan baik akan menjadi potensi besar bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat.
  5. Mendorong pertumbuhan yang berpihak pada rakyat miskin. Fokus program ini bertujuan mendorong terciptanya dan terfasilitasinya kesempatan berusaha yang lebih luas dan berkualitas bagi masyarakat/keluarga miskin
  6. Menyempurnakan dan memperluas cakupan program pembangunan berbasis masyarakat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan optimalisasi pemberdayaan masyarakat di kawasan perdesaan dan perkotaan serta memperkuat penyediaan dukungan pengembangan kesempatan berusaha bagi penduduk miskin.

Narasumber ;

http://www.anneahira.com/masalah-kemiskinan.htm

http://ichwanmuis.com/?p=1339

http://marx83.wordpress.com/2008/07/05/upaya-penanggulangan-kemiskinan/

 Disini saya mengucapkan terimakasih kepada para narasumber yang telah saya cantumkan, yang dimana artikelnya telah membantu dalam menyelesaikan tugas makalah saya, dan disini juga saya meminta maaf kepada nara sumber yang bersangkutan karena dalam mengerjakan makalah ini saya melakukan pengeditan terhadap artikel anda agar makalah yang saya buat terlihat sedikit menarik .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: